Monday, 10 March 2014

DM (Diterangkan Menerangkan)

Hai,, sahabat blogger,,
      Pagi ini gue bakal share pengalaman gue yang kemaren,, bgini ceritanya
Kemaren gue ngambil mata kuliah Bahasa Indonesia  sebenarnya udah pernah gue ambil di tahun sebelumnya... maklum bukan warga negara yang baik jadi terpaksa ngambil ulang...
Dosen yang sekarang beda banget dibanding dosen yang dulu, dilihat dari sudut pandang manapun dosen ini jauh lebih unggulkecuali dalam hal usia sih :)
     Namun yang mau gue share disini bukan dosennya tapi tentang apa yang gue dapet kemarin.
bahasa indonesia yang baik dan benar itu yang gue pelajari kemarin.. dari belajar bahasa indonesia yang baik dan benar gue bisa menilai karakter cewek dan juga gue dapet buat ngejawab pertanyaan gini..."kenapa harus beni, buka begitu?"  nah gue share satu-satu...

1. Menilai pribadi cewek
    Dosen gue ngajarin kalo dengan belajr bahasa indonesia yang baik dan benar kita bisa menilai pribadi seseorang dari caranya menyatakan sebuah pernyataan,, seperti yang di contohin kemarin kayak gini:
     Loe punya pacar trus dapat sms gi:
          "beiibb (terserah loe dipanggil dia apa) aku dah lese mandi (terserah dia lagi ngapen, itu kan pacar loe) nih, kamu lagi dimana?"
      NB: kata yang ada dlam kurung bukan termasuk isi sms, gila aja lok sms kyak gtu
        berdasarkan perpaduan dari ilmu bahasa indonesia dan psikologi berarti pacar kamu itu tipe orang yang lebih mementingkan diri sendiri dari, kenapa sesuai dengan konteks DM (diterangkan dan menerangkan) :)

2. bisa jawab pertanyaan "kenapa harus beni, buka begitu?"
     Kalian tahu kenapa mana yang benar antara "lanjut usia" apa "usia lanjut" yang sesuai dengan kaidah bahas indonesia?
    bagi kalian yang jurusan bahasa indonesia atau yang bahasa indonesia dapet nila A pasti akan jawab "usia lajut" karena sesuai dengan kaidah basindo DM yang mana dalam hal ini yang diterangkan adalah Usia maka kata usia harus ditaruh diawal baru diikuti lanjut,, namun kenapa kita masih sering menggunakan istilah "lanjut usia"?
begini alasannya:
       Kata "lanjut usia" kalian panti tahu singkatanya kan, yaitu LANSIA (LANjut uSIA) bayangkan jika kita gunakan istilah "usia lanjut" kalo disingkat kan jadi kata SIALAN (uSIA LANjut) hahahahha:)

0 comments:

Post a Comment