Wednesday, 11 December 2013

Tips Menghemat Kuota Paket Data Internet Di Android

Semakin hari kepopuleran smartphone semakin menjadi saja. Selain memang karena kebutuhan, smartphone banyak diminati karena memiliki nilai gengsi tersendiri. Seperti yang kita ketahui, saat ini smartphone paling populer adalah perangkat berbasis Android dengan jutaan aktifasi perharinya yang diadopsi oleh berbagai merek. Bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan perangkat Android tentu merasa asing ketika menggunakannya. Ya, hal itu memang wajar karena tentu orang akan merasa asing dengan hal yang baru pertama kali dikenalnya.
Beberapa orang bahkan sangat awam akan teknologi, sehingga muncul beberapa keluhan saat menggunakan perangkat berbasis Android. Seperti hal nya tante saya yang mengeluh karena pulsanya cepat sekali habis. Saya pun memberikan beberapa alasan dan solusi tentang hal itu, sama seperti yang sudah saya tuliskan pada posting Mengapa Android menyedot pulsa. Ya, memang hal itu dikarenakan sebuah smartphone akan terus membutuhkan paket data internet agar semua fitur yang ada di dalamnya bekerja dengan baik sehingga kita WAJIB membelikan paket internet untuk perangkat smartphone kita.
Namun terkadang kuota yang disediakan terasa agak kurang dan cepat habis sehingga nantinya akan menyedot pulsa ketika kuota sudah habis. Sebenarnya borosnya penggunaan data sendiri tergantung dari perilaku penggunanya. Semakin sering kita menggunakannya untuk melakukan berbagai hal yang membutuhkan akses internet, semakin cepat pula kuota paket data akan berkurang. Agar tidak terjadi hal yang demikian (pulsa tersedot karena kuota habis) ada 2 solusi yang bisa anda jalankan. Yang pertama adalah mengatur batas lalu lintas data seperti yang sudah pernah saya tulis pada posting cara membatasi pemakaian internet pada Android (khusus Android versi 4.0 ke atas), lalu yang kedua tentu saja adalah menghemat penggunaan data itu sendiri.
Nah pada posting kali ini Dunia Gadget 558 akan memberikan beberapa tips untuk menghemat penggunaan kuota internet pada perangkat Android. Berikut diantaranya :
1. Matikan auto update (update otomatis) pada aplikasi Android anda
Ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan borosnya penggunaan kuota internet pada Android. Pengguna tentu akan menginstall beberapa aplikasi tambahan pada perangkat Android nya bukan? Dan ukuran dari aplikasi tersebut bervariasi, mulai dari yang ukuran ratusan kilobyte hingga puluhan megabyte. Perkembangan (perbaikan, penambahan fitur dll) dari tiap - tiap aplikasi pun bisa terbilang cepat. Maka dari itu mematikan fitur update otomatis pada aplikasi dirasa sangat perlu untuk menghemat pemakaian data, mengingat kita tidaklah wajib untuk mengupdate tiap aplikasi secara rutin. Untuk caranya silahkan mampir ke halaman cara mematikan auto update aplikasi Android.
2. Kurangi "jam terbang" anda di dunia maya
Yup, simple saja. Semakin sering anda melakukan aktifitas online, tentu penggunaan paket data akan semakin besar bukan?
3. Carilah jaringan WiFi jika ada
Pernahkan kamu melihat seseorang yang bertanya "Mbak, disini ada WiFi nya gak?" pada suatu tempat nongkrong atau tempat makan? Yup, tentu tujuannya hanya ada dua, yakni ingin online gratis dan tentu untuk menghemat penggunaan paket data.
4. Matikan auto sync jika tidak dibutuhkan
Jika anda tidak terlalu membutuhkan pemberitahuan real time soal e-mail dan akun  - akun online lainnya, anda bisa mematikan fitur auto sync pada perangkat Android anda agar tidak memakan terlalu banyak kuota internet. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu setting -> account & sync (akun & sinkronisasi) lalu jika terdapat tombol "ON", silahkan sentuh tombol itu sekali lagi agar menjadi "OFF"
Cara setting sinkronisasi Android
5. Buang widget cuaca dari home screen Android anda
Hampir semua perangkat Android akan menyertakan widget cuaca pada home screen nya (BACA : Apa itu widget pada Android?). Widget tersebut akan membutuhkan akses data untuk memberikan informasi terbaru tentang cuaca. Meskipun tidak terlalu besar, namun ini perlu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan internet yang berlebihan bukan? Tentunya agar tidak mengurangi "jatah" online anda.
6. Matikan aktifitas background data pada aplikasi yang tidak berkepentingan
Yup, sebagian aplikasi Android akan "memakan" paket data yang anda gunakan di background atau dibalik layar. Bahkan beberapa aplikasi yang kurang berkepentingan pun terkadang akan menggunakan paket data anda untuk keperluan yang beragam. Untuk itu rasanya perlu kita lakukan "pembatasan" agar aplikasi tersebut tidak memakan paket data kita pada saat tidak digunakan. Berikut beberapa langkah mudahnya (untuk Android versi 4.0 ke atas) :
Pertama masuklah ke menu setting lalu pilih data usage (penggunaan data). Lalu centang set mobile data limit seperti pada gambar dibawah ini.
Menghemat penggunaan paket data internet Android
Lalu scroll ke bagian bawah, maka akan terlihat aplikasi apa saja yang "memakan" paket data anda. Dari aplikasi - aplikasi tersebut, carilah aplikasi yang sekiranya tidak berkepentingan dan ingin anda matikan aktifitas internet background nya. Perhatikan gambar di bawah ini.
Mematikan pemakaian background data aplikasi Android
Lihatlah kotak berwarna merah pada gambar sebelah kanan, itu adalah banyaknya paket data yang digunakan di background. Untuk mematikannya, silahkan centang Restrict background data seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna hijau. Anda pun dapat mempelajari selengkapnya tentang pembatasan penggunaan paket data pada Android pada posting cara membatasi pemakaian internet pada Android.
Nah itulah beberapa tips menghemat kuota paket data internet pada Android. Semoga bermanfaat :D

0 comments:

Post a Comment