Friday, 27 December 2013

Contoh Kuesioner Motivasi Berprestasi

Gubuk Fakta |  Contoh Kuesioner Motivasi Berprestasi
        Pengertian Motivasi Berprestasi Konsep motivasi berprestasi dirumuskan pertama kali oleh Henry Alexander Murray. Murray memakai istilah kebutuhan berprestasi (need for achievement) untuk motivasi berprestasi, yang dideskripsikannya sebagai hasrat atau tendensi yang datang dari dalam dirinya sendiri maupun karena pengaruh lingkungan untuk mengerjakan sesuatu yang sulit dengan secepat dan sebaik mungkin. (Purwanto,1993:20-5 21).
Menurut Murray (dalam Winkel 1984:29) achievement motivation (motivasi berprestasi) adalah daya penggerak untuk mencapai taraf prestasi belajar yang setinggi mungkin demi pengharapan kepada dirinya sendiri. Mc. Clelland yang merupakan pionir dalam studi motivasi berprestasi dan mengembangkan metode pengukurannya, memberi batasan motivasi berprestasi sebagai usaha untuk mencapai sukses dan bertujuan untuk berhasil dalam kompetisi dengan suatu ukuran keunggulan. Ukuran keunggulan itu dapat berupa prestasinya sendiri sebelumnya atau prestasi orang lain (Haditono 1979 : 8).

Berdasarkan bebrapa pengertian dari para ahli diatas maka dapar saya simpulkan bahwa motivasi berprestasi adalah suatu hasrat atau dorongan yang ada dalam dirinya sendiri maupun karena pengaruh lingkungan sehingga mereka mempunyai semangat untuk mengerjakan sesuatu yang sulit dengan secepat dan sebaik mungkin untuk mencapai kesuksesan dan untuk meningkatkan diri.
Motivasi berprestasi memuat lima dimensi penting penting terhadap aspek psikologis yang diukur. Kelima dimensi itu adalah dimensi berorientasi pada keberhasilan, antisipasi kegagalan, inovasi, tanggung jawab terhadap tugas, dan kedekatan terhadap lingkungan sekitar siswa (Suciatai, 2009). Untuk memudahkan dalam menyusun butir-butir tes motivasi berprestasi maka dibuatlah kisi-kisi yang memuat kelima dimensi diatas beserta banya butir soal tiap-tiap dimensi.
Untuk selengkapnya silahkan download disini Motivasi Berprestasi

0 comments:

Post a Comment